FILSAFAT ISLAM

- Pengertian filsafat islam   

            Filsafat adalah salah satu ilmu yang telah dipelajari sejak zaman dahulu dan dianggap sebagai akar dari ilmu yang saat ini banyak dipelajari didunia (baca sejarah agama islam dan sejarah islam dunia). ilmu filsafat diketahui  berasal dari budaya bangsa Yunani dan sebagian besar dari kita mengenal sosok filsuf  atau tokoh filosofi dan Yunani seperti Socrates, Aristoteles, dan lain sebagainya.
            Setelah itu kemudian muncul tokoh-tokoh filosofi yang mendalami ilmu filsafat islam. Meskipun ilmu filosofi islam diadaptasi dari ilmu filsafat bangsa Yunani, ada beberapa hal yang muncul dari pemikiran para filsuf islam itu sendiri, untuk mengetahui apa yang sebenarnya ilmu filsafat islam dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan, simak penjelasan berikut ini. (baca perkembangan islam di Eropa dan sejarah islam Arab Saudi).
            Sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang  ilmu filsafat islam maka kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi ilmu filsafat umum. Secara bahasa kata filsafat berasal dari kata filsafah dalam bahasa Arab dan berasal dari bahasa Yunani philoshopia atau philein yang artinya mencintai dan sophia yang berarti kebijaksanaan. jadi bisa disimpulkan kata filosofi sendiri diartikan sebagai kecintaan terhadap kebijaksanaan atau pemikiran. ilmu filsafat yang sekarang dikenal adalah suatu ilmu yang mempelajari hasil pemikiran manusia dan merupakan pandangan hidup seseorang yang mendasari pemikirannya akan kehidupan yang ingin ia jalani.
           Orang orang yang mendalami ilmu filsafat biasanya sering berpikir dan disebut sebagai filsuf. banyak tokoh filosofi Yunani yang sangat terkenal hingga hari ini dan nama mereka disebutkan dalam buku buku filsafat dunia. Meskipunn demikian tidak berarti bahwa umat islam tidaklah memiliki dasar ilmu filsafat sendiri. Umat islam atau para cendikiawan muslim dulu banyak yang merupakan tokoh filosofi dan mereka menuangkan pemikiran mereka sendiri kedalam ilmu filsafat tersebut .
             Ilmu filsafat juga mempelajari hakikat kebenaran suatu ilmu dan berdasarkan pada ajaran dan nilai nilai agama islam disebut sebagai ilmu filsafat islam. Meskipun diadaptasi dari nilai nilai budaya barat atau Yunani, ilmu filsafat islam tetap memiliki kaidah tersendiri. Hal yang biasanya dipikirkan atau dibahas dalam filsafat islam adalah mengenai ketauhidan atau ketuhanan, kerasulan, kitab, hubungan manusia dan sesamanya,lingkungan dan juga mencakup ilmu tasawuf dan kebatinan. (baca hubungan tasawuf dengan ilmu kalam dan pengertian tasawuf dalam islam. 

Comments

Popular posts from this blog

Manajemen dakwah

Filsafat umum

FILSAFAT